Kulit Sehat Jika Cairan Tubuh Seimbang

Selain air putih, penuhi kebutuhan cairan tubuh dari buah, sayur, suplemen juga minuman berisotonik.

Apa pun jenis kulit Anda, kadar cairan tubuh dan kelembaban tetap diperlukan untuk menjaga kesehatan dan penampilannya.

Secara umum, ada lima jenis kulit yakni kulit normal, kering, berminyak, kombinasi dan sensitif. Kulit yang kekurangan cairan umumnya terlihat kusam dan kering. Kondisi ini terjadi karena aliran darah di kapiler kulit tidak berjalan lancar secara maksimal. Sementara ciri kulit yang sehat dapat ditandai dengan kulit berwarna cerah, lembab, halus dan kenyal.

Kelembaban kulit dan kesehatannya dapat dijaga dengan cara sederhana. Salah satu caranya adalah dengan menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Agar cairan tubuh terjaga keseimbangannya, Anda perlu rajin mengonsumsi cairan minimal delapan gelas sehari, banyak makan buah dan sayuran, istirahat yang cukup serta mengonsumsi suplemen tambahan.

Kecukupan cairan tubuh perlu selalu dijaga keseimbangannya untuk menggantikan cairan yang telah hilang dari tubuh saat beraktivitas, penguapan kelembaban melalui kulit, keadaan suhu ruangan, proses pernafasan dan pengeluaran racun tubuh melalui keringat dan urin.

Apa pentingnya?
Peranan cairan tubuh selain sebagai pengatur suhu tubuh juga sebagai alat untuk mengedarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Cairan tubuh juga penting dijaga guna mempertahankan kinerja metabolisme tubuh agar tetap berlangsung dengan baik.

Selain itu, cairan tubuh tidak hanya terdiri dari air biasa (plain water) namun juga mengandung ion-ion yang memiliki peranan penting dalam mempertahankan keseimbangan cairan tubuh. Ion-ion tersebut dapat hilang bersama cairan tubuh dan harus segera digantikan. Apabila ion-ion tersebut tidak segera tergantikan, maka dapat saja terjadi gejala-gejala yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Karenanya, tubuh butuh asupan cairan secara lengkap dengan kandungan ion elektrolit seimbang serta dapat diserap lebih cepat. Dibandingkan air minum biasa, asupan cairan tubuh yang cepat diserap ini bisa didapatkan dari minuman isotonik.

Jadi, kalau kulit Anda bermasalah, terasa kusam, kering, tak terjaga kelembabannya, perhatikan kembali asupan cairan yang masuk ke tubuh, setiap harinya. Begitu cairan tubuh Anda seimbang, kulit pun lebih sehat, sebagai bonusnya Anda pun tampil lebih cantik dan menarik.





Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : created by | Barangit.COM | design tercela
Copyright © 2011. TERCELA - All Rights Reserved
Template di otak atik by tercela Published by design otak atik tercela
Proudly powered by Blogger