BBM di Android dan iOS, Apa Guna BlackBerry?


Aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger atau yang dikenal lewat akronim BBM selama ini selalu menjadi salah satu fitur eksklusif yang hanya tersedia di smartphone BlackBerry.

Namun, eksklusivitas tersebut akan segera hilang begitu BlackBerry merilis aplikasi
BBM untuk iOS dan Android pada pertengahan 2013 mendatang melalui toko aplikasi tiap-tiap platform.

Langkah yang mengejutkan ini disebut CEO BlackBerry Thorsten Heins sebagai sebuah "pernyataan percaya diri" perusahaannya. BlackBerry berharap bisa memperluas basis pelanggan BBM dan memonetisasi aplikasi tersebut begitu hal itu tercapai.


Meski bisa membuat BBM menjadi
lebih relevan di tengah-tengah meningkatnya popularitas aplikasi pesan instan lintas platform, keputusan tersebut juga berpotensi menjadi bumerang bagi handset BlackBerry.

Larry Magid dari
Forbes berpendapat bahwa pengguna BlackBerry yang memakai perangkat tersebut untuk chatting melalui BBM nantinya bisa beralih dengan bebas ke iPhone ataupun ponsel Android karena tak lagi terikat dengan eksklusivitas BBM.

Topik ini menjadi perbincangan hangat di kalangan konsumen BlackBerry, termasuk di Indonesia. Sebuah
thread yang membahas kemungkinan di atas bahkan terpilih menjadi salah satu "hot thread" di forum komunitas online Kaskus.

Lantaran populer di Indonesia,
handset BlackBerry banyak dipakai oleh pengguna dari berbagai kalangan. Smartphone BlackBerry kerap terlihat dalam genggaman, bersama iPhone atau smartphone Android, karena pemiliknya tidak bisa lepas dari kontak BBM yang sudah terlanjur banyak serta hanya bisa diakses dari perangkat BlackBerry.

Kini, dengan dibukanya pintu bagi BBM di iOS dan Android, apa alasan untuk tetap menggunakan ponsel BlackBerry?


Biarpun mungkin terkesan bisa menimbulkan
blunder, keputusan BlackBerry ini sebenarnya dimaksudkan justru untuk mencegah pengguna BlackBerry beralih ke lain hati.

Harapannya, keberadaan BBM di iPhone dan Android bisa mendongkrak popularitas layanan
chatting tersebut sekaligus memberi jaringan kontak yang lebih luas bagi pengguna BBM di BlackBerry.

Mengapa baru sekarang?

Lalu kenapa hal tersebut tidak dilakukan sedari dulu? Jim Dawson, kepala analis bidang telekomunikasi lembaga riset Ovum, mengatakan bahwa BlackBerry sudah lama berencana melepas BBM ke Android dan iOS. Hal ini baru menjadi kenyataan setelah dipicu oleh menurunnya basis pelanggan BlackBerry.


Hingga kuartal kedua tahun lalu, jumlah pelanggan BlackBerry secara terus-menerus mencatat peningkatan. Namun semenjak itu, kecenderungan sebaliknya terjadi: jumlah pelanggan BlackBerry
berangsur turun dari angka puncaknya sebesar 80 juta.

"Banyak pengguna BlackBerry yang beralih ke platform lain dan oleh karena itu meninggalkan BBM. Nilai aplikasi itu jadi berkurang," ujar Dawson, seperti dikutip oleh
The Verge. "Kalau ditunggu lebih lama lagi, bisa-bisa BBM benar-benar tidak ada artinya. Mereka (BlackBerry) ingin melakukan itu selagi masih ada waktu untuk memanfaatkan basis pengguna BBM."

BlackBerry mengklaim saat ini terdapat 60 juta pengguna BBM di seluruh dunia. Lebih dari 51 juta orang menggunakan BBM rata-rata 90 menit per hari. Secara keseluruhan, setiap harinya, ada 10 miliar pesan yang dikirim dan diterima pelanggan BBM. BlackBerry mengklaim jumlah ini dua kali lebih banyak dari pesan yang dikirim dan diterima aplikasi pesan instan lain.


Dengan turut hadir di iPhone dan Android, BBM nantinya akan bersaing langsung dengan aplikasi pesan instan lain, seperti WhatsApp, Line, Kakao Talk, ataupun WeChat yang lebih dulu meraih pengguna di kedua platform tersebut. Whatsapp, misalnya, sudah memiliki 200 juta pengguna secara global.


Menurut penjelasan di dalam
blog BlackBerry, BBM untuk iPhone dan Android pada awalnya hanya akan memiliki fungsi-fungsi dasar seperti multi-chat serta membuat grup BlackBerry hingga 30 kontak dengan pembagian kalender, foto, dan file. Dukungan voice dan video chat rencananya akan ditambahkan ke BBM versi iOS dan Android pada akhir tahun ini.
 

BlackBerry "Lepas" BBM ke Android dan iPhone

Sebuah "kejutan" disampaikan BlackBerry dalam BlackBerry Live 2013 di Orlando, AS, pada Selasa (14/5/2013). Layanan "jagoan" mereka, BlackBerry Messenger (BBM), akan tersedia untuk Android dan iOS.

CEO BlackBerry, Thorsten Heins, mengatakan, BBM untuk platform lain akan tersedia pertengahan tahun ini untuk perangkat iPhone (iOS 6 ke atas) dan Android (Ice Cream Sandwich).


"Ini merupakan pernyataan percaya diri kami bahwa platform BlackBerry 10 sudah cukup bagus sehingga BBM bisa disebarkan ke sistem lain," ujar Heins.


Pada awalnya, BBM di Android dan iOS akan memliki fitur standar seperti pengiriman pesan dan Group. Namun, Heins berjanji fitur yang lebih lanjut juga akan hadir. Hal itu termasuk, ujarnya, BBM Video, Voice, dan Screen Share.


Rumor akan hadirnya BBM di platform lain, terutama Android, memang sudah terdengar sejak 2012. Akhirnya, di gelaran BlackBerry Live 2013, hal ini diresmikan.


"Kami membuat platform BBM lebih kuat dari sebelumnya," ujar Heins.


Di acara yang sama, BlackBerry juga mengumumkan fitur baru BBM Channel yang sedang dalam tahap Beta (uji coba).


Fitur BBM Channel akan memungkinkan terbentuknya komunitas berbasis BBM. Nantinya BBM Channel akan dimanfaatkan
brand atau selebriti.
 

Kesan Pertama Menjajal BlackBerry Q5

BlackBerry Q5
 

BlackBerry akhirnya merilis ponsel bersistem operasi BlackBerry 10 yang dibebanderol dengan harga murah dan diposisikan untuk pasar berkembang. Ponsel itu diberi nama BlackBerry Q5.


Di sela acara BlackBerry Live 2013 yang berlangsung di Orlando, Amerika Serikat, pada 14 sampai 16 Mei lalu, wartawan KompasTekno Wicak Hidayat memanfaatkan waktu singkatnya untuk menjajal Q5.
Kesan pertama saat menggenggam Q5, memang terasa bahwa ini bukanlah ponsel kelas premium karena diselimuti dengan materi plastik. Tetapi ia bisa masuk daftar pilihan bagi Anda yang membutuhkan ponsel dengan papan ketik fisik format QWERTY.
Q5 tidak lagi dibekali trackpad. Ukuran layar 3,1 inci dan resolusinya 720 x 720 pixel setara dengan BlackBerry Q10. Untuk melakukan navigasi, layar Q5 mendukung sentuhan jari dengan respon yang cukup peka.
Q5handson08
Performa Q5 ditopang oleh prosesor dual-core 1,2 GHz, RAM 2GB, memori internal 8GB yang dapat diperluas dengan tambahan kartu memori eksternal MicroSD.
Q5handson16
Kamera utamanya menggunakan sensor 5MP dengan lampu kilat LED, dan sensor 2MP untuk kamera depan. Sementara itu, daya hidup ponsel ini ditopang oleh baterai berkapasitas 2.100mAh.
Q5handson15
Tombol-tombol pada papan ketik fisik dibuat terpisah, berbeda dengan Q10 yang tombol-tombolnya didesain rapat. Papan ketik pada Q5 ini bakal mengingatkan Anda pada ponsel BlackBerry lawas dengan kode nama Gemini. Ia cukup nyaman ketika dipakai mengetik cepat.
Namun, jika Anda memiliki jari-jari berukuran relatif besar, tentu tombol pada Q5 akan terasa kecil dan sering kali terpeleset saat dipakai mengetik cepat.
Q5handson12
Q5 tersedia dalam pilihan warna merah, hitam, putih, dan merah muda. Sepintas, Q5 didesain cukup tebal dengan dimensi 120mm x 66mm x 10,8mm.
Q5handson17
Di sisi samping kanan terdapat tombol untuk melakukan pencarian suara yang diapit oleh tombol pengatur volume. Sementara di samping kiri ada port MicroUSB, serta MicroSD dan kartu SIM. Tombol power dan port audio 3,5mm terdapat di bagian atas.
CEO BlackBerry Thorsten Heins menjanjikan Q5 mulai dipasarkan pada pertengahan tahun 2013. Hingga kini, perusahaan belum mengumumkan harga jual Q5.
Q5handson13
Q5handson04
 

Mengajari Anak Sopan-santun di Meja Makan



Saat makan bersama keluarga, Anda mungkin sering harus mengelus dada karena anak-anak lebih banyak mengotori meja ketimbang memasukkan makanan ke mulutnya. Atau menghabiskan waktu makan dengan bertengkar dengan anak soal pilihan makanan. Untuk itu, Anda perlu mulai mengajarinya sopan-santun di meja makan, sesuai dengan usia anak.

1. Batita
* Tunjukkan dan ingatkan. "Anak-anak di bawah tiga tahun harus selalu diingatkan bagaimana cara makan yang sopan," kata konsultan parenting Lisa Bunnage. "Mereka selalu menganggap segalanya seperti permainan. Jadi, orangtua perlu menetapkan aturan makan yang jelas sejak awal."
Caranya adalah dengan memberitahukan dan memperlihatkan pada anak, apa yang harus mereka lakukan saat makan, lalu apa konsekuensinya jika aturan itu tidak diikuti. Jika anak memang sedang dalam periode sulit, orangtua perlu sering-sering mengulangi aturan tersebut.
* Satu per satu. Anak yang suka menumpahkan atau memuntahkan makanan akan membuat orangtuanya kesal. "Jika anak suka menjatuhkan atau melempar makan, taruh makanan sedikit demi sedikit. Letakkan satu potong ayam di piringnya. Kalau dimakan, tambahkan satu potong lagi," kata ahli parenting Julie Freedman Smith. Kalau dijatuhkan, setidaknya Anda hanya perlu membereskan satu potong makanan ketimbang seisi piring.
"Anda juga bisa mencoba mengabaikan perilaku buruk ini. Anak-anak melakukan sesuatu dan melihat hasilnya. Jika menjatuhkan, menumpahkan, dan memuntahkan masakan membuatnya mendapat perhatian orangtua, mereka akan selalu melakukannya," kata Bunnage. Sebaliknya, jika dia makan dan berbicara dengan sopan selama di meja makan, beri dia perhatian. Ini akan mendorongnya berperilaku positif setiap kali makan.

2. Prasekolah
* Perlu banyak latihan. Anak-anak pada usia ini sangat pemilih soal makanan, sangat lambat saat makan, dan sangat suka mencari perhatian. Freedman Smith mengatakan, cara paling tepat untuk mengajarkan etiket makan di meja makan adalah dengan banyak latihan.
"Duduklah bersama anak di waktu selain waktu makan, lalu jelaskan apa yang perlu dia ketahui. Tuliskan atau buat dalam bentuk gambar," saran Freedman Smith. "Saat akan mulai makan, minta mereka menyebutkan aturan-aturan makan yang telah dipelajari. Jika hal tersebut dipraktikkan, katakan terima kasih padanya. Jika mereka lupa, ingatkan mereka."
* Ulangi terus. Teruslah meminta mereka mengulangi menyebutkan aturan makan yang dipelajari, termasuk saat mereka diajak makan di ke rumah orang lain.

3. Usia sekolah
* Ajarkan cara berbicara saat sedang makan. "Orangtua perlu memancing anak dengan berbagai pertanyaan yang tidak dapat dijawab hanya dengan 'ya' atau 'tidak'. Jadilah pendengar yang baik saat anak berbicara," kata pakar etiket Louise Fox.
* Larang anak main gadget sambil makan. Minta mereka menyimpan gadget-nya sebelum makan, lalu ingatkan untuk makan dengan benar dan bicara dengan sopan selama makan bersama keluarga, bukannya buru-buru menghabiskan makanan agar bisa kembali bermain atau menonton TV.
 

Disiplin Tak Boleh Karena Terpaksa


Kita tentu pernah mendengar orang tua kita menasihati, bahwa ketekunan akan membuahkan hasil. Artinya, sesuatu yang dikerjakan terus-menerus, konsisten dan tanpa lelah, pasti akan memberi hasil nyata. Ayah saya bahkan pernah berkata, “Jadi tukang las pinggir jalan pun, asal tekun, pasti bisa hidup layak”.

Di jaman yang berubah-ubah dan penuh turbulensi seperti sekarang ini, di mana ketidakjelasan waktu, lalu lintas, dan cuaca semakin sulit diprediksi, kita cenderung mulai melupakan sikap mental tekun dan konsisten ini. Kita mudah membatalkan janji. Kita mudah beralasan untuk tidak berolahraga 4 kali seminggu. Kebiasaan untuk membaca buku, yang kita yakini sebagai keharusan, bisa kita tinggalkan karena “tidak sempat”. Menunda sudah menjadi hal yang terlalu biasa.

Dalam setiap forum diskusi, saat seorang olahragawan ditanya mengenai apa yang membuat ia bisa meraih kemenangan dan tidak putus asa saat sedang kalah pertandingan, kita akan mendengar jawabannya adalah ketekunan dalam berlatih. Tidak mungkin ia memenangkan laga bila tidak melakukan latihan secara teratur. Melalui latihan, para olahragawan ini bukan hanya menumbuhkan rasa percaya diri, tapi juga kerendahan hati saat menghadapi lawannya.
Disiplin latihan tidak hanya membentuk kekuatan fisik, tapi juga kesiapan mental untuk menghadapi hal-hal yang tidak sesuai harapan, dan bangkit dari kegagalan. Tengok saja betapa pasukan elite tentara berlatih jauh lebih keras dan lebih banyak daripada pasukan biasa. Ternyata, prinsip untuk mengambil action yang teratur dan konsisten, tidak lekang jaman, masih dibutuhkan, bahkan tidak bisa ditawar-tawar.

Kita selalu bertanya-tanya, apa rahasia perusahaan yang bisa bertahan menghadapi turbulensi, kekacauan, dan krisis. Dalam buku terakhirnya, Great By Choice, Jim Collins dan Morten Hansen mengungkapkan jawabannya terhadap pertanyaan tersebut, melalui riset yang berlangsung selama 9 tahun.

Ternyata, salah satu hal utama yang dilakukan perusahaan ini adalah disiplin yang fanatik dalam menjalankan program, komitmen, dan action plan. Mereka sangat setia pada tujuannya, konsisten melakukan apa yang telah disepakati, tanpa peduli perubahan situasi. Seolah-olah situasi “on-off” tidak diperhitungkan. Bahkan, yang sangat mengejutkan juga, hasil penelitian mengatakan bahwa kesuksesan organisasi ini tidak bergantung pada kepemimpinan perusahaannya.

Ini yang menjawab pertanyaan, mengapa Southwest Airlines melegenda karena kemampuannya melalui krisis, tetap jaya walaupun pemimpinnya sudah berganti. Di Southwest Airlines, pada saat krisis, pemimpin perusahaan tetap fokus dan semakin menekankan: ”Doing the 'right thing' for their customers, employees, and stakeholders”, tanpa peduli kesulitan lain.

Karena sikap dan willpower inilah mereka sukses. Jadi, banyak sekali bukti bahwa bila kita melakukan “fighting well” secara konsisten, kita lebih kuat, lebih bisa mengatur enerji, dan lebih sehat mental.

Disiplin: konsistensi tindakan
Dalam buku Great by Choice, Jim Collins juga membandingkan dua kelompok pengembara Arctic. Kelompok pertama berdisiplin berjalan 20 mil perjam, secara teratur, tidak kurang tidak lebih. Sementara kelompok kedua, kecepatan berjalannya tergantung cuaca. Pada cuaca yang baik mereka berjalan lebih banyak, sementara bila cuaca sulit, mereka beristirahat.

Hasilnya, kelompok yang disiplin, konsisten dengan komitmennya, bisa bertahan dan lebih cepat mencapai tujuan. Dengan perkataan lain, kita tidak perlu menunggu sampai kondisi memudahkan kita untuk bergerak, tetapi justru kita perlu maju terus ke depan, apapun yang terjadi.

Banyak orang mengaitkan kedisiplinan dengan kemiliteran dan olah raga. Bahkan banyak yang merasa bahwa kedisiplinan hanya cocok untuk kegiatan-kegiatan yang didominasi kepatuhan. Padahal, sudah banyak bukti bahwa sekelompok orang tidak mungkin bisa menjaga konsistensi kegiatannya, bila kedisiplinan itu tidak ada dalam kesadaran dirinya sendiri.

Disiplin adalah sekadar konsistensi tindakan, yang sudah dijanjikan oleh seseorang pada dirinya sendiri. Perlu kita akui bahwa menjaga konsistensi tidaklah mudah. Bisa kita bayangkan beratnya melawan perasaan malas untuk bangun pagi, apalagi di hari libur, cuaca mendung, atau saat kita belum puas tidur. Begitu juga saat kita tengah berpuasa atau berdiet, melihat orang lain makan makanan yang membangkitkan air liur membuat kita kadang “goyah” dengan komitmen dan tujuan kita.

Ada rasa tidak nyaman dalam berdisiplin, yang selalu harus kita kalahkan, di mana kita harus "melakukan” sesuatu padahal kondisi tidak nyaman, dan kita harus "menahan" untuk tidak melakukan  sesuatu dalam kondisi yang nyaman. Hal inilah sesungguhnya yang membuat individu kuat.

Budaya disiplin
Budaya disiplin tentunya dijalankan oleh manusianya. Hal yang paling mudah dilakukan adalah mengumpulkan manusia dengan self-discipline yang tinggi. Bila hal ini belum mungkin tercapai, maka perusahaan atau lembaga perlu melakukan kampanye agar setiap individu mendefinisikan, membuat janji, dan mengontrol dirinya sendiri, sesuai target organisasinya.

Karena itu, kita perlu untuk merefleksikan kembali, apa-apa saja tindakan yang harus kita jaga kedisiplinannya. Misalnya, sebuah perusahaan supply barang bisa mendisiplinkan komunikasi yang lancar. Tidak ada rapat yang tidak di-follow  up, tidak ada email yang tidak dibalas, tidak ada notulen yang tidak terkirim, tidak ada skedul yang tidak ter-update. Bila kedisiplinan ini membudaya, bukankah sebagai pelanggan kita segera merasa ingin selalu berhubungan dengan perusahaan seperti ini?

Bukan hanya tindakan yang didisiplinkan, pemikiran pun harus didisiplinkan. Kita tentu tahu bahwa tumbuhnya sebuah ilmu pun asalnya adalah dari disiplin ilmu tersebut. Artinya, ilmu adalah jawaban terhadap pertanyaan, yang sudah terjawab berulang-ulang, sehingga bisa diramalkan hasil akhirnya.

Disiplin pemikiran dalam satu budaya perlu diwarnai cara memandang "brutalfacts" sebagai studi kasus, tantangan, dan bukan ajang membela diri dan menghindar. Dialog, debat, bedah kasus, harus menjadi disiplin cara pikir, sehingga organisasi siap bergerak maju, tanpa harus menunggu timing yang tepat.

Terakhir, disiplin hanya akan terlihat melalui tindakan yang konsisten yang datang dari kombinasi kebebasan tingkah laku dan tanggung jawab. Bukan keterpaksaan. Tangan harus kotor. Details harus diperhatikan dan ditekuni. Seperti kata para pakar: “Things get uphill pretty quickly. Proper discipline makes the climb slow and steady to make sure things get done.”
 

10 Kecelakaan Termahal Yang Pernah Terjadi




Sepanjang sejarah, manusia selalu ada rawan kecelakaan . beberapa, seperti kecelakaan mobil mewah, kecelakaan itu bisa sangat mahal. tetapi itu sepele dibandingkan dengan kecelakaan yang benar-benar mahal. Kecelakaan didefinisikan sebagai "yang tidak dikehendaki atau yang jarang terjadi biasanya terjadi secara tidak sengaja dan bisa menghasilkan situasi yang berbahaya, cedera, kerusakan, atau kerugian". Tujuan kami adalah untuk memberikan info mengenai 10 kecelakaan paling mahal dalam sejarah dunia yang diukur dalam hitungan dolar.


10. Titanic - $ 150 Juta
Tragedi kecelakaan Titanic adalah kecelakaan yang paling terkenal di dunia. Dan peristiwa ini kita jadikan peringkat 10 paling mahal. Pada tanggal 15 April 1912, Kapal Titanic yang tenggelam pada pelayaran pertama dan dianggap kapal yang paling mewah yang pernah dibangun. Lebih dari 1500 orang kehilangan nyawa ketika kapal bertabrakan dengan gunung es dan tenggelam ke dalam air yang sangat dingin. Biaya kapal sekitar $ 7 juta dan untuk membangun ($ 150 juta dolar di masa sekarang).


9. Truck vs Bridge - $ 358 Juta

Pada tanggal 26 Agustus 2004, sebuah mobil truk tangki yang berisi 32.000 liter bensin di jembatan Whiehltal di Jerman. Truk tersebut menabrak pelindung sisi jalan dan jatuh pada ketinggian 90 kaki dan menyebabkan ledakan yang besar dan juga api yang menghancurkan load bearing yang merupakan pertahanan jembatan tersebut. untuk sementara biaya perbaikan $ 40 juta dan biaya untuk mengganti jembatan diperkirakan sekitar $ 318 Juta.


8. Metrolink Crash - $ 500 Juta

Pada tanggal 12 September 2008, merupakan salah satu kecelakaan kereta api terburuk sepanjang sejarah di California, 25 orang tewas ketika sebuah kereta api Metrolink menabrak bagian kepala kereta api Union Pasific di Los Angeles. Hal ini beranggapan bahwa kereta Metrolink telah melalui sinyal merah sementara konduktur sibuk pesan teks. Kematian yang disebabkan karena kelalaian ini menyebabkan kerugian sebesar $ 500 juta terhadap Metrolink.


7. B-2 Bomber Crash - $ 1,4 Miliar


Disini pertama kalinya kita memiliki kecelakaan yang bernilai miliaran dolar (dan kami jadikan #7 pada daftar). Ini adalah kecelakaan B-2 Stealth bomber yang terjadi setelah beberapa saat terbang landas dari pangkalan udara Guam pada 23 Februari 2008. Tim penyelidik menyatakan adanya distorsi data di dalam komputer pengendali penerbangan yang disebabkan oleh uap air di dalam sistem. Hal ini mengakibatkan hidung pesawat tiba-tiba bergerak yang mana membuat B-2 kehilangan keseimbangan dan jatuh. Ini adalah 1 dari 21 yang pernah dibangun dan merupakan bagian yang paling mahal dalam sejarah kecelakaan penerbangan. Kedua pilot mampu keluar dengan selamat.


6. Exxon Valdez - $ 2,5 Miliar

Minyak Exxon Valdez yang tumpah tidak sebesar dan sebanding dengan penumpahan minyak terbesar di dunia, namun dengan adanya hal ini tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan karena lokasinya yang jauh Pangeran William berkata (hanya dapat diakses oleh helikopter atau kapal). Pada tanggal 24 Maret 1989, 10,8 juta galon minyak telah jatuh ketika kapal milik, Yusuf Hazelwood, kontrol bagian kiri dan kapal menabrak karang. Biaya pembersihan Exxon sebesar $ 2,5 Miliar.


5. Piper Alpha Oil Rig - $ 3,4 Miliar

Bencana kebocoran minyak di lepas pantai yang terburuk di dunia. Pada suatu waktu, ia merupakan salah satu produsen minyak terbesar di dunia, mampu menghasilkan 317,000 barel minyak per hari. pada tanggal 6 Juli 1988, sebagai bagian dari perawatan rutin, dan teknisi memindahkan dan memeriksa katup keselamatan yang penting guna mencegah keluarnya gas-gas cair yang berbahaya. Terdapat 100 katup keselamatan yang harus diperiksa. Sayangnya,teknisi melakukan kesalahan dan lupa mengganti salah satu dari mereka. pada pukul 10 di malam yang sama,seorang teknisi menekan tombol start untuk memompa cairan gas dan kecelakaan minyak yang termahal di dunia itu pun terjadi.

Dalam waktu 2jam, 300 kaki pendomium tertelan api. itu akhirnya roboh, menewaskan 167 pekerja dan mengakibatkan kerusakan sebesar $ 3,4 Miliar.


4. Challenger Explosion - $ 5,5 Miliar

Space Shuttle Challenger telah hancur 73 detik setelah lepas landas pada 28 Januari 1986, karena adanya cacat O-ring. karena gagal menyegel salah satu sendi, yang menyebabkan tekanan udara yang mencapai ke luar. Hal ini menyebabkan tangki eksternal untuk penyimpanan cairan hidrogen terbuang dan menyebabkan ledakan yang besar. biaya untuk penggantian Space Shuttle sebesar $ 2 Miliar pada tahun 1986 ($ 4,5 miliar dolar di masa sekarang). Biaya penyelidikan, koreksi masalah, dan penggantian peralatan yang hilang menelan biaya sebesar $ 450 juta 1986-1987 ($ 1 Miliar pada hitungan dolar sekarang).


3. Prestige Oil Spill

Pada tanggal 13 November 2002, Prestise kapal tangki minyak itu membawa 77.000 ton bahan bakar minyak berat ketika salah satu dari dua belas tangki tiba-tiba meledak saat terjadi badai Galicia,Spanyol. Takut kapal akan tenggelam, Sang kapten memanggil bantuan kepada tim penyelamat dari spanyol,mengharapkan mereka untuk membawa kapal ini ke pelabuhan. Namun, tekanan dari pihak yang berwenang yang memaksa kapten itu untuk berlayar menjauh dari pantai. Kapten tersebut mencoba untuk meminta bantuan dari pihak berwenang Prancis dan Portugis,tetapi mereka juga memerintahkan agar kapal menjauh dari perairan mereka. Badai yang akhirnya menyebabkan kapal itu terbelah menjadi dua dan melepaskan 20 juta galon minyak ke laut.

Menurut sebuah laporan oleh Dewan Keuangan Pontevedra, total biaya untuk perbaikan ini sebesar $ 12 miliar.


2. Space Shuttle Columbia - $ 13 Miliar

Space Shuttle Columbia adalah pesawat pertama yang layak terbang dalam armada orbit NASA. Ia hancur saat masuk kembali melalui Texas pada 1 Februari 2003 setelah sebuah lubang tertusuk di salah satu sayap selama peluncuran 16 hari sebelumnya.Biaya asli dari pesawat orbit ini adalah $2 Miliar di tahun 1978. Dan menjadi $6,3 Miliar dolar dalam perhitungan dollar sekarang. $500 juta telah dikeluarkan untuk penyelidikan, membuat ini menjadi penyelidikan kecelakaan pesawat yang paling mahal sepanjang sejarah. Pencarian dan pemulihan puing memakan biaya sebesar $300 juta.

Pada akhirnya, total biaya kecelakaan (tidak termasuk penggantian shuttle) mencapai $13 miliar menurut Institut Aeronautika dan Astronautics Amerika.


1. Chernobyl - $ 200 Miliar

Pada tanggal26 April 1986, dunia menyaksikan kecelakaan yang paling parah dalam sejarah dunia. Chernobyl bencana yang disebut sebagai malapetaka sosial-ekonomi di masa damai. 50% dari luas wilayah Ukraina terkena dampaknya. Lebih dari 200.000 orang harus diungsikan dan tempat tinggal sementara 1,7 juta orang yang secara langsung terkena dampak kecelakaan reaktor nuklir Chernobyl. Kematian yang terkait dengan korban Chernobyl,termasuk orang-orang yang mati karena kanker di tahun kemudian,diperkirakan mencapai 125000 jiwa. Total biaya termasuk pemulihan, transmigrasi, dan kompensasi kepada para korban diperkirakan mencapai $200 Miliar. Biaya baru baja tempat untuk menanamkan nuklir Chernobyl mengeluarkan biaya sebesar $2 Miliar saja. Kecelakaan secara resmi dikaitkan dengan daya penanaman nuklir yang melanggar prosedur dan penanaman yang mengabaikan persyaratan keamanan yang telah ditetapkan.
 

5 Hukuman Mati Paling Menyeramkan di Dunia




Hukuman mati sudah ada sejak jaman dahulu di berbagai negara. Sampai sekarangpun walau kehadirannya masih menimbulkan perdebatan, namun dibeberapa negara masih diterapkan hukuman mati.
Berikut ini 5 Hukuman Mati Paling Menyeramkan di Dunia yang pernah dikenal dari berbagai negara. sebagian besar sudah tidak diberlakukan lagi.

 
1. Garrote
http://www.didunia.net/
Garrote adalah adalah alat hukuman mati yang umum pada jaman dulu. Alat ini digunakan untuk mencekik leher seseorang sampai mati atau bisa juga digunakan untuk mematahkan leher seseorang. Biasanya garrote ini berbentuk kursi, dimana tahanan duduk disana dan algojo akan berdiri dibelakangnya sambil mengencangkan besi yang akan menekan leher tahanan. Alat ini digunakan di Spanyol sampai akhirnya dilarang pada tahun 1978 setelah terakhir digunakan pada tahun 1977. Andora adalah negara yang terakhir melarang penggunaan garrote, yaitu di tahun 1990.


2. Scaphism
Scaphism adalah metode hukuman mati yang dilakukan oleh orang persia kuno. Scaphism ini dilakukan dengan menempatkan orang pada sebuah perahu atau balok kayu dengan muka menghadap ke atas. Orang yang dihukum tersebut akan dipaksa meminum susu dan madu hingga diare berat, sedangkan tubuhnya akan dilumuri madu sehingga menarik serangga pada d irinya. Korban yang tak berdaya tersebut akan tetap mengambang di rawa dan berada disitu bersama kotorannya. Sehingga lama kelamaan korban akan mati akibat banyaknya serangga yang berkembang biak pada tubuhnya. Hukuman ini dirancang agar korban mengalami kematian yang lama dan menyakitkan.


3. Flaying
Flaying ada proses pemisahan kulit dari dagingnya. Pada hewan yang akan dikonsumsi proses ini dikenal dengan nama dikuliti. Flaying ini digunakan untuk melakukan hukuman terhadap seseorang dengan cara dikuliti hidup-hidup. Flaying ini ada proses hukuman yang kerap dilakukan pada jaman Asiria kurang lebih 20 SM – 15 SM.


4. Brazen Bull
Brazen Bull atau Bronze Bull atau Sicilian bull adalah alat penyiksaan atau eksekusi mati pada jaman yunani kuno. Alat ini akan berbentuk sebuah banteng yang terbuat dari besi sepenuhnya, yang mempunya pintu pada satu sisi. korban akan dimasukkan didalamnya, dan api akan dinyalakan di bawah banteng itu, sehingga lama kelamaan korban akan mati terpanggang hidup-hidup.


5. Dra wing and Quartering
http://www.didunia.net/
Pada proses hukuman ini korban akan di gantung kemudian tubuh nya di potong menjadi beberapa bagian. Hukuman ini kerap dilakukan di Inggris di abad pertengahan. Hukuman ini dilakukan pada orang yg melakukan tindak kejahatan tingkat tinggi yang dianggap lebih kejam dari pembunuhan dan kejahatan lainnya. Biasanya hukuman ini diberlakukan kepada penjahat laki-laki. Proses hukuman ini, korban akan di tempatkan di tiang gantungan, kemudian sesaat sebelum tewas, tubuh korban akan di Disembowelment, kemudian dikebiri. kemudian isi perut korban akan dibakar, dan setelah korban meninggal, tubuhnya akan dipisahkan menjadi 4-5 bagian, biasanya bagian tubuh kepala akan dipajang di kota sebagai bentuk peringatan kepada orang-orang.
 
 
Support : created by | Barangit.COM | design tercela
Copyright © 2011. TERCELA - All Rights Reserved
Template di otak atik by tercela Published by design otak atik tercela
Proudly powered by Blogger