Yoga Cegah Anda Jadi Pelupa


Banyak perempuan mendalami yoga untuk membantu menurunkan berat badan, memperbaiki postur tubuh, dan mengurangi stres. Namun, olahraga ini juga memberikan banyak manfaat lain yang mungkin diperlukan untuk kebugaran Anda secara keseluruhan. Penelitian baru yang dilakukan oleh Duke University memberikan fakta baru bahwa yoga bisa membantu meringankan beban mental, depresi, dan masalah ingatan.

"Kami menemukan bahwa dua komponen aerobik yoga dan meditasi akan meringankan gejala gangguan jiwa," ungkap Murali Doraiswamy, MD, salah satu peneliti.
Gerak aerobik yoga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan memicu pelepasan hormon endorfin (hormon bahagia). Selain itu, aspek meditasi pada yoga bisa membantu meningkatkan fokus dan perhatian Anda. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, Anda hanya harus melakukan yoga selama 30 menit, tiga kali seminggu.
Berikut beberapa manfaat lain dari yoga:

1. Mengurangi depresi
Masalah yang dialami sehari-hari kerap membuat Anda jadi depresi. Latihan yoga bisa membantu Anda meredakannya. Setelah latihan selama tiga bulan, 20 persen dari 69 orang dewasa mengalami penurunan gejala depresi. Setelah enam bulan, 40 persen dari mereka sudah berkurang depresinya. Penelitian ini membuktikan juga bahwa 60 orang dewasa berhasil pulih dari ketergantungan alkohol.

2. Mencegah makan berlebihan
Menurut penelitian ini, 90 orang perempuan obesitas akan mengurangi kecenderungannya untuk makan berlebihan sebesar 50 persen setelah 12 minggu latihan yoga. Angka ini lebih tinggi daripada jika Anda hanya melakukan diet makan saja (26 persen). Latihan yoga memang menuntut gerakan yang cukup berat di seluruh tubuh. Gerakan ini membantu Anda untuk membakar kalori. Maka sekalipun Anda makan banyak, energi yang Anda dapatkan akan dimanfaatkan sebagai tenaga.

3. Mencegah penurunan ingatan
Yoga ternyata juga membantu Anda untuk mencegah kehilangan memori otak yang berlebihan. Latihan yoga terbukti meningkatkan ingatan secara signifikan pada tes memori jangka pendek, konsentrasi, multitasking, dan beberapa latihan kesehatan mental lainnya.

4. Mencegah insomnia
Setelah berlatih yoga tiga kali seminggu selama enam bulan, para peserta penelitian ternyata mengalami peningkatan kualitas tidurnya sampai 28 persen. Para peserta juga mengungkapkan bahwa setelah yoga, mereka menjadi lebih santai dan tak lagi tertekan.
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : created by | Barangit.COM | design tercela
Copyright © 2011. TERCELA - All Rights Reserved
Template di otak atik by tercela Published by design otak atik tercela
Proudly powered by Blogger