Agar Tak Mudah Terpancing Emosi


Seberapa sering Anda terpancing emosi dan menyimpan perasaan negatif karena perbuatan atau ucapan seseorang, baik di kantor maupun dalam kehidupan personal? Semakin sering emosi dan menyimpan perasaan negatif, perilaku Anda pun secara tak sadar terbawa emosi buruk ini.

Pakar hubungan, Deanna Brann, PhD, mengatakan Anda tak bisa menyembunyikan emosi negatif. Betapa pun Anda menyembunyikan emosi negatif, sikap Anda akan merefleksikan apa yang Anda sedang rasakan. Yang terbaik bisa Anda lakukan adalah mengatasi atau mengelola emosi ini.

Agar hal kecil, ucapan atau tindakan orang lain tak mudah memancing amarah apalagi menimbulkan kesan Anda mudah emosi, lakukan beberapa hal ini:

1. Menjaga jarak.

Saat menemukan situasi ini, ucapan atau tindakan teman kantor, pasangan, teman membuat Anda emosi, segera ambil jarak. Ini langkah awal yang bisa menyelamatkan Anda dari serangan emosi negatif dalam diri. Dengan menjaga jarak, Anda bisa melihat situasi lebih objektif bukan menanggapinya dengan penuh amarah.

2. Jangan berasumsi.

Apa pun yang orang lain katakan atau perbuat, jangan berasumsi hal tersebut selalu ada kaitannya dengan Anda. Jangan mudah tersinggung dengan sikap orang lain. Caranya hindari asumsi. Jangan pernah mulai berasumsi bahwa hal buruk itu menyangkut diri Anda. Bisa jadi berbagai hal buruk tersebut sama sekali tak ada hubungannya dengan Anda. Kalau pun Anda berada dalam kondisi buruk tersebut, bisa jadi ini terjadi tanpa disengaja. Kebetulan saja Anda terjebak dalam suasana tak menyenangkan tersebut.

3. Kenali perasaan Anda.

Saat sikap atau ucapan seseorang memancing emosi, kenali lagi perasaan Anda. Apakah dengan menyimpan emosi negatif tersebut, Anda merasa lebih baik karena merasa Anda benar dan orang tersebut salah? Kalau ini yang terjadi, Anda sedang membela diri. Semakin lama Anda menyimpan emosi negatif dan membela diri karenanya, semakin melelahkan jiwa Anda. Lepaskan saja emosi negatif semacam ini karena takkan membawa pengaruh baik bagi diri sendiri.

4. Alihkan emosi.

Kalau orang lain menyinggung perasaan Anda, jangan berdiam diri dengan emosi negatif yang muncul di dalam diri. Segera alihkan emosi negatif tersebut pada hal lain. Ambil langkah awal, lakukan sesuatu hal kecil sekalipun yang bisa membantu diri sendiri mengalihkan emosi negatif. Kalau Anda merasa lebih baik, ambil langkah berikutnya. Lakukan aktivitas yang membuat perasaan Anda lebih tenang, nyaman tak dipenuhi dengan emosi negatif. Secara bertahap, Anda pun akan teralihkan dari emosi negatif ini.
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : created by | Barangit.COM | design tercela
Copyright © 2011. TERCELA - All Rights Reserved
Template di otak atik by tercela Published by design otak atik tercela
Proudly powered by Blogger