Thailand Pesaing Berat Fashion Indonesia


Beberapa tahun belakangan, dunia mode tanah air makin berkembang. Tak terbilang lagi jumlah desainer, rumah mode, dan butik-butik yang bermunculan di Indonesia.

"Sejak batik dinobatkan sebagai warisan dunia dari Indonesia, kesadaran untuk meningkatkan fashion lokal mulai berkembang. Maka sekarang inilah waktunya, para pelaku industri mode mulai mengembangkan sayap untuk lebih memajukan mode Indonesia bersama-sama dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai pusat mode dunia di tahun 2025 mendatang," ungkap Dina Midiani, Direktur Indonesia Fashion Week, saat media gathering di butik Lenny Agustin, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2013) lalu.

Cita-cita menjadikan Indonesia sebagai pusat mode dunia bukanlah tanpa pertimbangan matang. Jika ditelisik lebih jauh, Indonesia yang terdiri atas ribuan pulau ini menyimpan kekayaan budaya yang belum terekspos seluruhnya. Potensi-potensi daerah inilah yang bisa dilirik para desainer agar dikembangkan dengan lebih bernilai dan berdaya jual.

Setiap daerah di Indonesia memiliki gaya busana dan kekayaan fashion yang khas dan unik. Walau sekilas mirip, namun setiap daerah tetap punya ciri khas masing-masing. Seni kerajinan daerah yang beragam akan semakin menarik bila dipadukan dengan fashion. Hal ini menuntut ide kreatif agar menghasilkan sebuah produk fashion yang menonjol dari Indonesia di mata dunia. 

Yang menjadi masalah, kebanyakan orang tidak menyadari potensi Indonesia dalam bidang fashion. 

"Mau bahan apa dan model seperti apa, orang Indonesia bisa membuatnya. Mulai menenun benang sampai jadi kain, dan kain menjadi baju, semuanya bisa dibuat di Indonesia. Namun, konsumen masih banyak menilai merek sebagai sebuah identitas diri dan status sosial di masyarakat," sesalnya.

Thailand pesaing utama fashion Indonesia
Jika tak dikembangkan dengan serius, potensi yang dimiliki Indonesia ini akan mengalami kemunduran. Buruknya, hal ini juga bisa berakibat mematikan pasar domestik Indonesia karena pasar fashion diambil alih oleh pemain asing. Dina mengungkapkan, sampai saat ini pesaing terberat fashion Indonesia bukan Paris, Amerika atau Inggris, melainkan Thailand.

Dari event pekan mode yang sudah digelar beberapa kali di Jakarta, desainer muda dari Thailand selalu ikut serta. Mereka mampu menonjolkan kekuatan serta ciri khas Thailand. Dina mengungkapkan, Indonesia dan Thailand sama-sama memiliki keberagaman budaya, namun negeri gajah putih tersebut lebih konsisten dan kompak dalam mengolah kekayaan budaya menjadi daya tarik mode di luar Thailand. Selain itu, pemerintah Thailand pun berperan aktif untuk mempromosikan busana buatan Thailand ke penjuru dunia.

"Fashion yang ditunjukkan desainer Thailand banyak mengusung kain khas negaranya, dengan warna-warni dan coraknya yang unik. Kebudayaan mereka berakar dari budaya Hindu, tapi mereka bisa mengembangkannya sedemikian rupa. Indonesia tak boleh kalah dengan Thailand, namun pemerintah dan pelaku industri mode harus bergandengan tangan untuk menetapkan tujuan industri ekonomi kreatif yang sama," pungkasnya.
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : created by | Barangit.COM | design tercela
Copyright © 2011. TERCELA - All Rights Reserved
Template di otak atik by tercela Published by design otak atik tercela
Proudly powered by Blogger