Sejarah Ayam Serama ( tercela )






Sebenarnya tidak ada bukti catatan yang secara tertulis yang menjelaskan asal usul ayam yang dikategorikan sebagai terkecil didunia ini. Namun begitu, Ayam Serama dikatakan merupakan hasil rekayasa dan penyilangan baka seorang peminat ayam dari Kelantan malaysia yaitu Wee Yean Een. Pada tahun 1971, beliau menyilangkan Ayam Kapan dengan ayam Modern Game Bantam.
Ayam Kapan dipilih karena dianggap memiliki sayap lurus ke bawah yang menyentuh tanah. Sedangkan Ayam jenis Modern Game Bantam memiliki postur badan tegap dengan leher panjang dan tertarik ke belakang yang membentuk huruf S. Pada tahun 1973 Wee Yean Een menyilangkan keturunan pertama hasil silangan antara ayam kapan dan Modern Game Bantam dengan ayam sutera (Silkie Bantams). Penyilangan ayam tersebut akhirnya melahirkan ayam sutera berpostur badan kecil.

Nampaknya Wee Yean Een masih tidak puas dengan hasil persilangan tersebut. Kemudian dia seterusnya menyilang keturunan kedua ayam tersebut dengan Ayam Kate Jepang. Ayam Kate Jepang ini mempunyai warna bulu yang cantik dan berkilat serta bentuk ekor yang berdiri tegak. Sampai pada tahun 1988, dia akhirnya berhasil menghasilkankan ayam dengan berat tubuh kurang dari 500 gram.

Kemudian Wee Yean Een memberi nama “Seri Rama” atau lebih dikenal "Serama" kepada ayam berbadan mungil itu kerana ayam tersebut memiliki gaya dan penampilan yang gagah seperti Sri Rama sebaaimana dalam kisah Ramayana. Namun begitu, kebenaran dari cerita ini tidak dapat dipastikan. Mungkin dari kita pernah mendengar versi lain mengenai  Asal Usul AYAM SERAMA diantaranya:

  • Dipercayai berasal dari Kelantan.
  • Dipercayai hasil silangan berbagai burung eksotik, termasuk burung hutan.
  • Dinamakan serama berasal dari nama Seri Rama dan pada mulanya adalah hewan peliharaan di istana
  • Umur yang panjang dari ayam serama ini yang menurut cerita mampu berumur 7 hingga 15 tahun
  • Memiliki berat terkecil di dunia, dimana berat ideal dari ayam serama ini adalah 500 gram ke bawah.
  • Ciri lain yang istimewa adalah ekor yang lentik, berdada tegak dan kepak lurus ke bawah.
  • Mempunyai beragam warna. 
  • Ayam serama adalah hewan yang jinak dan sangat mengenali tuannya.
  • Ayam ini mempunyai tingkah laku yang menarik seperti berjalan mengundur ke belakang. 
Lalu apa yang menarik dari Ayam serama?

Kriteria penilaian untuk seekor ayam Serama adalah :
  1. Jenis – Ciri utama dari ayam serama ini adalah kepala melunjur ke belakang, bagian belakang pendek, dada membusung dan ekor lawi yang panjang.
  2. Tingkah Laku – Kelihatan gagah, sombong, berani dan yakin. 
  3. Ekor – Memiliki ekor yang indah serta memiliki ekor yang disebut lawi 2 buah yang berdiri tegak dan tinggi. 
  4. Sayap – Ketika berdiri tegak sayap ayam serama sedikit menghadap ke belakang dan ujung sayap sedikit menyentuh lantai.
  5. Badan – Tegap dan bulat. Dada ayam serama lebih luas dari bagian belakang apabila dilihat dari atas. Bila dilihat dari tepi, badan berbentuk menyerupai huruf V. Belakang ayam pendek dan lebar di bagian bahu.
  6. Kaki – Tidak begitu rapat dan sejajar. Memiliki postur kaki yang lurus panjang yang seimbang dengan ukuran sayap. Paha berotot.
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : created by | Barangit.COM | design tercela
Copyright © 2011. TERCELA - All Rights Reserved
Template di otak atik by tercela Published by design otak atik tercela
Proudly powered by Blogger