Cara Memelihara Anakan Ayam Serama



Ayam Serama adalah ayam yang dipercaya berasal dari Negeri tetanga Malaysia. Salah satu keunikan ayam ini adalah dapat berdiri tegak layaknya seorang prajurit dan berjalan megal megol layaknya seperti artis, sehingga membuat orang yang melihatnya akan tertawa dan terpikat dengan kegagahannya.

Cara beternak  serama yang baik harus dilakukan dengan intensif. Mulai dari pemberian makanan dapat menggunakan pakan dedak setiap hari dan diberikan sedikit minuman vitamin. Juga harus terlindung dari hujan,ayam ini juga mudah sekali terkena penyakit. Merawat ayam serama tidaklah sulit asalkan kita memperhatikan aspek kebersihan serta pemberian makanan yang bagus dan teratur.

Umur 1 - 3 hari
Anak ayam dapat bertahan tanpa makanan dan minuman selama tiga hari. Apabila anak ayam serama ditetaskan dengan menggunakan inkubator, biarkan selama 48 jam untuk mengeringkan bulunya. Kemudian ayam tersebut dapat dipindahkan ke dalam kotak kayu / kandang khusus yang dilengkapi dengan alat pemanas biasanya menggunakan lampu bohlam 15 watt untuk menjaga suhu anak ayam yang masih baru menetas.

Umur 4 – 75 hari
Kotak kayu dapat menampung ayam umur 3 hingga 90 hari. Berikut ini adalah peralatan yang diperlukan :

1. Sumber panas selama 24 jam
Lampu bohlam 10 hingga 15 watt harus dinyalakan selama 24 jam. Bohlam digantung agak tinggi dari kepala anak ayam. Ini untuk menghindari pancaran cahaya secara langsung kepada mata ayam. Pancaran cahaya yang berlebihan akan mengakibatkan stress pada mata dan masalah - masalah lain pada anak ayam.

2. Lantai
Alasi lantai kotak / kandang dengan beberapa helai kertas koran. Saat membersihkan kandang, buang saja lapisan yang ada di atas. Lapisan yang bawah masih bisa digunakan untuk hari berikutnya. Jangan gunakan kertas yang keras dan licin. Ini berbahaya untuk kaki anak ayam. Jadi gunakanlah kertas yang lembut dan tidak licin.

3. Tempat makanan dan minuman
Anda bisa membuatnya sendiri. Gunakan botol mineral yang bentuknya persegi berukuran 0.5 liter (500 ml). Makanan dan minuman yang dijual di toko hewan / pets shop juga bisa digunakan. Tetapi harus disesuaikan dengan tinggi dan perkembangan anak ayam.

4. Kebersihan
Lebih bersih tempat ayam akan lebih sehat anak ayam anda. Jagalah kebersihan kotak tersebut sebersih mungkin. Pembuangan kotoran dan koran yang bdigunakan harus dilakukan setiap hari. Bekas air minum yang digunakan harus dicuci setiap dua hari sekali. Ini bertujuan untuk menghindari jangkitan penyakit. Makanan dan minuman harus diganti setiap hari.

5. Bentuk kotak kayu / kandang
Biasanya kandang yang digunakan kandang yang dapat dibeli di pet shop. Biasanya yang digunakan adalah kandang kucing.

6. Berjemur dan bermain pasir
Bila anak ayam sudah mencapai umur satu setengah bulan dan seterusnya, anda boleh membiarkannya berjemur. Ini dapat menyehatkannya di samping pancaran matahari dapat membunuh bakteri yang ada di celah-celah bulunya. Berjemur juga dapat merangsang pertumbuhan tulang anak ayam.

Lebih dar 75 hari

Apabila anak ayam sudah membesar, anda harus mengganti alat yang digunakan untuk merawat anak ayam.

1. Sumber panas
Tukarkan lampu bohlam 15 dengan 5 watt. Karena anak ayam yang berumur dua setengah bulan sudah mempunyai banyak bulu. Bulu-bulu ini akan keriting bila suhu terlalu panas.
2. Tempat makanan dan minuman

Ayam serama yang semakin besar akan membutuhkan makanan yang lebih dibanding dengan anakan yang kecil, anda perlu mengganti tempat makanan menjadi yang lebih besar sesuai dengan tinggi dan perkembangan serta nafsu makan anak ayam. Pengawasan yang teliti terhadap makan dapat menentuan ukuran terbaik bagi anak ayam tersebut.
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : created by | Barangit.COM | design tercela
Copyright © 2011. TERCELA - All Rights Reserved
Template di otak atik by tercela Published by design otak atik tercela
Proudly powered by Blogger