10 Cara Mengatasi Cemburu



Cemburu, semua orang pasti pernah mengalami perasaan yang kerap dikarenakan rasa cinta dan keinginan memiliki. Mungkin kalian pernah merasa cemburu ketika pasangan memiliki hubungan sosial yang hangat, sementara kalian ingin memiliki pasangan sepenuhnya.
 
Jangan biarkan kecemburuan menguasai dan merusak hubungan kalian. Berikut beberapa tips mengatasi rasa cemburu dalam hubungan romantis ::

1. Tentukan alasan mengapa kalian cemburu.
Apakah didasarkan pada masa lalu? Apakah pasangan berbohong? Setelah kalian memiliki alasan, kalian bisa mencari solusi.

2. Identifikasi apakah kalian merasa tak aman.
Apakah kecemburuan ini berdasarkan hubungan yang kalian jalani sebelumnya? Apakah pasangan benar-benar melakukan hal yang salah? Atau kalian hanya memiliki percaya diri yang rendah?

3. Beritahu pasangan kalian tentang kecemburuan kalian.
Caranya katakan dengan sebuah pernyataan, “Saya merasa…”. Mengungkap perasaan takkan memicu pertengkaran, sebaliknya membuka komunikasi tanpa saling menuduh. Kalian bisa mengatakan hal sederhana seperti, “Saya merasa cemburu saat kamu menghabiskan waktu terlalu sering dengan teman-temanmu.”

4.Bila cemburu terkait dengan masa lalu, ingat kalian hidup di masa kini.
Selalu ingatkan diri bahwa kalian atau pasangan tak lagi hidup dalam hubungan sebelumnya. Sebagai pasangan baru, kalian harus memberi kesempatan pada masing-masing pihak.

5. Biarkan diri kalian merasakan cemburu
Jangan mengingkari bahwa kalian sedang merasa cemburu, atau berusaha mengakhiri rasa cemburu. Menghadapi rasa cemburu dengan kepala dingin membuat kalian lebih mudah mengatasinya.

6. Ingatkan diri bahwa kalian layak dicintai dan cintailah diri sendiri.
Fokus pada hal-hal terbaik yang bisa kalian lakukan. Ini akan menarik mitra yang tepat dan kalian bisa sepenuhnya berkomitmen dalam hubungan.

7. Tulis rasa cemburu
Tidak masalah meskipun kalian menganggapnya sebuah tindakan konyol. Menulis, terutama sesuatu yang negatif membantu mengatur pikiran kalian.

8. Yakinkan diri kalian soal rasa cemburu
Sebelum menanyakan pada pasangan, tanyakan pada diri sendiri: Apakah orang atau hal ini layak untuk menghabiskan energi? Apakah orang atau situasi ini berdampak padaku? Mengapa saya merasa terancam?

9. Saat cemburu menguasai, ubah kebiasaan.
Ketimbang bergelut dengan rasa cemburu, lakukan sesuatu seperti berjalan-jalan, pekerjaan atau aktivitas lain yang bisa mengubah pola pikir. Dengan begitu, kalian dapat melihat sesuatu lebih obyektif.

10. Jika tak dapat mengatasi cemburu, saatnya temui terapis
Terapis dapat membantu kalian menyelesaikan perasaan kalian. Mencari bantuan pihak ketiga yang objektif selalu menjadi keputusan yang baik. Dengan begitu kalian memiliki cara positif dalam menghadapi masalah.
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : created by | Barangit.COM | design tercela
Copyright © 2011. TERCELA - All Rights Reserved
Template di otak atik by tercela Published by design otak atik tercela
Proudly powered by Blogger