10 Kesalahan Bodoh Saat Wawancara Kerja


Namanya manusia memang tidak luput dari kesalahan, tapi sebisa mungkin hindari beberapa kesalahan berikut ini saat wawancara kerja.
1. Serba lupa
Jangan biarkan kebiasaan lupa jadi penghambat, entah itu lupa tempat, waktu, atau hari wawancara kerja Anda. Selalu catat di agenda atau ponsel, kapan waktu wawancara yang sudah ditentukan agar tidak terjadi kesalahan sepert ini.
2. Telat dengan alasan macet
Jika Anda berada di kota besar, jangan sekali-kali gunakan alasan macet saat Anda telat datang. Sudah seharusnya Anda mempersiapkan waktu lebih panjang seandainya terjadi hal-hal tak terduga. Jangan lupa juga untuk selalu memberi kabar saat Anda akan telat, hal ini menunjukkan bahwa Anda menghargai waktu si perekrut.
3. Salah nama
Hindari juga salah menyebutkan nama orang yang akan mewawancarai Anda. Meski terkesan sederhana, biasanya orang tidak suka jika namanya salah disebut.
4. Busana tak sesuai
Terlalu seksi atau terlalu santai bisa membuat Anda terkesan tidak menghargai kesempatan wawancara tersebut. Selalu usahakan penampilan Anda terlihat rapi dan profesional.
5. Berbohong
Salah satu kesalahan fatal adalah berbohong mengenai isi surat lamaran Anda atau saat wawancara. Kalau memang pengalaman Anda belum cukup, Anda bisa menambahkan tentang kualitas dan kelebihan Anda dalam bekerja.
6. Bercanda
Saat diberikan pertanyaan serius, jangan sekali-sekali menanggapinya dengan candaan atau lelucon. Hal itu hanya mengesankan diri Anda tidak menanggapi wawancara itu dengan serius.
7. Terlalu banyak bicara
Jawab setiap pertanyaan secukupnya, tidak perlu bicara atau cerita berlebihan karena akan membuat si pewawancara jadi bosan.
8. Hanya “iya” dan “tidak”
Sebaliknya, hindari juga menjawab pertanyaan dengan jawaban singkat, seperti “iya” dan “tidak”. Sikap seperti ini malah mengesankan bahwa Anda tidak sepenuhnya tertarik dengan pekerjaan itu.
9. Menjelekkan kantor terdahulu
Seburuk apapun kantor Anda dulu, jangan menjelekkannya di depan pewawancara. Anda akhirnya akan dilihat sebagai pribadi negatif yang tidak mampu menyelesaikan masalah.
10. Ajak berdebat
Wawancara kerja bukanlah saat yang tepat untuk berdebat, jadi jangan memulainya. Jika ada hal-hal yang tidak Anda setujui, cukup simpan dalam hati. Hal itu nantinya bisa jadi pertimbangan Anda, tapi bukan untuk diperdebatkan dengan pewawancara.
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : created by | Barangit.COM | design tercela
Copyright © 2011. TERCELA - All Rights Reserved
Template di otak atik by tercela Published by design otak atik tercela
Proudly powered by Blogger