Makan Pedas Sebelum Tidur Sebabkan Mimpi Buruk


Penggemar makanan pedas rentan bermimpi buruk. Hal ini dikatakan para ahli kesehatan sejumlah rumah sakit di Amerika Serikat. Dilansir NBCNews, belum lama ini, salah satu penelitian itu dilakukan di klinik Sleep Disorders Center, Cleveland, Amerika Serikat. 
 
Seorang dokter dari klinik tersebut, Dr Charles Bae, MD mengungkap beberapa bukti menyantap makanan pedas sebelum tidur menyebabkan "mimpi gila". Bahkan, makan sesuatu, misalnya snack alias makanan ringan, kemudian langsung tidur, memicu mimpi lebih buruk. Hal ini, menurut Charles karena makanan pedas maupun ringan di larut malam bisa meningkatkan metabolisme suhu tubuh.
 
Charles mengatakan, setiap 90 menit, orang tidur memiliki siklus tahapan tidur. Ketika orang bermimpi, setidaknya otot tubuh akan memberikan respons. "Mimpi buruk hanya terjadi ketika seseorang memiliki emosi negatif yang dipicu oleh makanan pedas. Ini adalah salah satu alasan mengapa lebih mudah mengingat mimpi buruk daripada mimpi biasa," kata Charles.
 
Para ahli tahu kalau pasien yang bermimpi buruk sering menunjukkan disfungsi pada lobus frontal otak dan gagal mengendalikan amigdala. Amigdala berfungsi mengatur memori dan emosi. Gangguan di wilayah ini bisa berdampak bagi mimpi seseorang.
 
Selain itu, penelitian tadi diperkuat studi yang dilakukan Lisa Medalie dari klinis psikiatri di University of Chicago Hospitals. Lisa menulis, jika tubuh kita sulit mencerna makanan berat atau pedas, hal itu mengganggu tidur. "Kami biasanya menyarankan pasien untuk menghindari makanan berat atau pedas sebelum jam tidur mereka,"kata Lisa.
 
Ini bukan topik yang sering dipelajari tapi sebuah laporan dari mengatakan kalau 8,5 persen dari 389 subyek penelitian mimpi buruk berasal dari makanan. "Makanan pedas menyebabkan mimpi buruk atau mimpi aneh lainnya. Mungkin beberapa orang sensitif terhadap komposisi kimia dari makanan tertentu," tulis profesor di Universite de Montreal dan juga Director of the dream and nightmare laboratory at Sacre Coeur Hospital, Prof. Tore Nielsen. 
 
Kesimpulannya, makanan pedas, makan berat, makanan ringan yang dikonsumsi sebelum tidur, mengganggu kualitas tidur Anda. Sebab, saat tubuh hendak beristirahat, terpaksa kembali bekerja mencerna makanan. Sehingga, Anda bisa sulit tidur, dan mungkin bermimpi buruk.
Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : created by | Barangit.COM | design tercela
Copyright © 2011. TERCELA - All Rights Reserved
Template di otak atik by tercela Published by design otak atik tercela
Proudly powered by Blogger