Sekolah Ditutup, Akibat Cuaca Dingin






Euro Cold Weather
Bern - Udara dingin yang melanda Eropa membuat beberapa sekolah dasar dan menengah di kota-kota besar di Swiss seperti Jenewa, Lausanne, Bern terpaksa ditutup. Didalam sekolah temperatur maksimum hanya berada pada suhu 14 derajat Celcius, membuat kenyamanan para siswa saat belajar tidak terjamin.

"Kondisi ini membuat sekolah di kota dan daerah-daerah pedesaan di Swiss terpaksa ditutup," ujar Budiman Wiriakusumah, Staf KBRI di Bern bidang Penerangan Sosial dan Budaya dalam rilisnya kepada detikcom, Rabu (8/2/2012).

Menurut Budiman, angin kencang yang mencapai 90 km/jam pada Selasa 7 Februari kemarin terjadi sekitar pukul 09.00-19.00 waktu setempat. Kondisi ini semakin memperburuk keadaan karena temperatur yang berkisar antara -10 derajat Celcius s/d -15 derajat Celcius.

"Dengan adanya angin tersebut membuat sensasi dingin seperti -25 derajat Celcius," ungkapnya.

Budiman menambahkan, suhu sempat turun secara dratis mencapai -35 derajat Celcius di Kota Samedan yang letaknya tidak jauh dari kota St. Moritz di Kantor Graubunden. Bahkan di sebuah kota kecil La Brevine yang selama ini menjadi kota terdingin, temperatur hanya tercatat sebesar -29,1 derajat Celcius.

"Ini merupakan suhu terendah dalam 10 tahun terakhir di Swiss," tuturnya.

Lalu lintas kendaraan umum kata Budiman, juga terganggu dengan banyaknya jadwal kereta api yang terlambat baik keberangkatan maupun kedatangan. Belum lagi kondisi jalan-jalan yang licin dan berbahaya menyebabkan masyarakat Swiss menggunakan transportasi umum.

Menurutnya, koban manusia dan material di Eropa akibat udara dingin yang terutama melanda Eropa timur terus bertambah dengan berbagai macam penyebab dan sebagian besar korban adalah mereka yang tidak mempunyai tempat tinggal tetap.

Berdasarkan data organisasi meteo dunia (OMM) lanjutnya, udara dingin yang melanda Eropa datang agak telat, di penghujung musim dingin dengan waktu yang cukup lama. Akibatnya cuaca eksrem tersebut mengibatkan banyaknya korban berjatuhan.

"Diperkirakan udara dingin ini akan terus terjadi sampai minggu depan," tandasnya.




Share this article :
 

Post a Comment

 
Support : created by | Barangit.COM | design tercela
Copyright © 2011. TERCELA - All Rights Reserved
Template di otak atik by tercela Published by design otak atik tercela
Proudly powered by Blogger