Rasa percaya diri sangat dibutuhkan dalam setiap pekerjaan, terutama saat Anda harus bertemu dan meeting dengan klien.
Berikut beberapa tips untuk meningkatkan rasa percaya diri yang bisa Anda lakukan.
1. Tidak ada yang sempurna. Jangan langsung merasa  rendah diri seandainya Anda melakukan kesalahan. Hal terpenting adalah  bagaimana Anda mengakui kesalahan dan memperbaikinya, dengan begitu  klien pun akan lebih menghargai Anda.
2. Selalu lakukan persiapan. Hindari pergi bertemu  klien tanpa persiapan yang matang. Segala macam hal, mulai dari  berkas-berkas hingga jawaban untuk semua pertanyaan klien, seharusnya  sudah Anda persiapkan sebelum bertemu.
3. Ingat kembali kesuksesan Anda. Biasanya mengingat-ingat apa yang telah Anda capai bisa membuat rasa percaya diri meningkat.
4. Jangan ragu berpendapat. Saat bertemu klien,  jangan ragu memberikan pendapat atau solusi kepada mereka. Ambil  kesempatan tersebut untuk mengekspresikan ide-ide Anda, namun tentunya  Anda juga harus punya latar belakang dan alasan kenapa pendapat itu  diberikan.
5. Terima kritikan dengan baik. Anggap saja sebuah  kritikan merupakan sebuah cara bagi Anda untuk berkembang. Tidak perlu  marah atau emosi saat menerima kritik, cukup terima dengan baik dan  tunjukkan bahwa Anda bisa bekerja lebih baik.
6. Jauhkan pikiran negatif. Jangan biarkan pikiran  negatif menghantui Anda dan sebisa mungkin juga jauhkan diri Anda dari  orang-orang yang bisa menjatuhkan Anda. Hal-hal seperti itulah yang bisa  membuat rasa percaya diri Anda jadi jatuh.
7. Minta pendapat. Tidak ada salahnya minta bantuan  dari rekan kerja yang lebih senior dan yang bisa Anda percaya. Belajar  dari mereka dan minta pendapat soal menghadapi klien akan membuat Anda  makin yakin saat bertemu klien.

Post a Comment