Namanya manusia memang tidak luput dari kesalahan, tapi sebisa  mungkin hindari beberapa kesalahan berikut ini saat wawancara kerja.
1. Serba lupa
Jangan biarkan kebiasaan lupa jadi penghambat, entah itu lupa tempat,  waktu, atau hari wawancara kerja Anda. Selalu catat di agenda atau  ponsel, kapan waktu wawancara yang sudah ditentukan agar tidak terjadi  kesalahan sepert ini.
2. Telat dengan alasan macet
Jika Anda berada di kota besar, jangan sekali-kali gunakan alasan  macet saat Anda telat datang. Sudah seharusnya Anda mempersiapkan waktu  lebih panjang seandainya terjadi hal-hal tak terduga. Jangan lupa juga  untuk selalu memberi kabar saat Anda akan telat, hal ini menunjukkan  bahwa Anda menghargai waktu si perekrut.
3. Salah nama
Hindari juga salah menyebutkan nama orang yang akan mewawancarai  Anda. Meski terkesan sederhana, biasanya orang tidak suka jika namanya  salah disebut.
4. Busana tak sesuai
Terlalu seksi atau terlalu santai bisa membuat Anda terkesan tidak  menghargai kesempatan wawancara tersebut. Selalu usahakan penampilan  Anda terlihat rapi dan profesional.
5. Berbohong
Salah satu kesalahan fatal adalah berbohong mengenai isi surat  lamaran Anda atau saat wawancara. Kalau memang pengalaman Anda belum  cukup, Anda bisa menambahkan tentang kualitas dan kelebihan Anda dalam  bekerja.
6. Bercanda
Saat diberikan pertanyaan serius, jangan sekali-sekali menanggapinya  dengan candaan atau lelucon. Hal itu hanya mengesankan diri Anda tidak  menanggapi wawancara itu dengan serius.
7. Terlalu banyak bicara
Jawab setiap pertanyaan secukupnya, tidak perlu bicara atau cerita berlebihan karena akan membuat si pewawancara jadi bosan.
8. Hanya “iya” dan “tidak”
Sebaliknya, hindari juga menjawab pertanyaan dengan jawaban singkat,  seperti “iya” dan “tidak”. Sikap seperti ini malah mengesankan bahwa  Anda tidak sepenuhnya tertarik dengan pekerjaan itu.
9. Menjelekkan kantor terdahulu
Seburuk apapun kantor Anda dulu, jangan menjelekkannya di depan  pewawancara. Anda akhirnya akan dilihat sebagai pribadi negatif yang  tidak mampu menyelesaikan masalah.
10. Ajak berdebat
Wawancara kerja bukanlah saat yang tepat untuk berdebat, jadi jangan  memulainya. Jika ada hal-hal yang tidak Anda setujui, cukup simpan dalam  hati. Hal itu nantinya bisa jadi pertimbangan Anda, tapi bukan untuk  diperdebatkan dengan pewawancara.

Post a Comment