Tugas-tugas yang begitu banyak dan akhirnya menumpuk, ditambah lagi godaan untuk meng-update
 media sosial, sering kali membuat yang harusnya tuntas jadi 
terbengkalai. Padahal, kalau dimaksimalkan waktunya, beberapa tugas yang
 diberikan atasan bisa selesai tepat waktu. Ada yang salah? Bisa jadi 
ada pengaturan waktu dan manajemen pekerjaan yang terlewatkan.
Grace Marshall, ahli dunia kerja dan produktivitas, melihat bahwa 
setiap orang mestinya bisa bekerja lebih efisien. Perkembangan teknologi
 yang semestinya mendukung pekerjaan, justru menjadi gangguan terbesar. 
Dia lalu memberikan beberapa gambaran yang bisa jadi masukan buat 
perubahan.
1. Fokus. Alokasikan waktu sepenuhnya untuk memberi 
perhatian lebih pada pekerjaan yang dihadapi. Cobalah lebih fokus dan 
memberikan energi pada satu pekerjaan.
2. Gangguan adalah musuh terbesar. Banyak hal yang kerap mengalihkan perhatian. Entah itu chatting
 di ponsel, isu terbaru di situs berita, atau obrolan sesama teman di 
ruang kerja. Kurangi distraksi semacam ini, dan sebisa mungkin jangan 
sampai terpengaruh. Misalnya dengan mematikan ponsel, social media, atau e-mail yang tak penting. Konsentrasilah pada yang dihadapi sehingga tidak mudah terganggu.
3. Multitasking itu hanya mitos. Jika ada 
yang bilang setiap orang mestinya bisa mengerjakan banyak hal dalam satu
 waktu, anggapan ini hanya mitos. Faktanya seseorang akan bisa fokus dan
 maksimal mengerjakan satu hal secara bergantian. Jadi tidak usah 
mencoba memikirkan bisa menuntaskan banyak hal dalam satu waktu.
4. Bikin daftar. Saat di kantor, cobalah bikin 
daftar tugas yang harus dituntaskan. Baik untuk jangka pendek maupun 
jangka panjang. Pembuatan daftar tugas yang harus dikerjakan ini akan 
membuat semuanya jadi lebih efisien karena membuat Anda fokus dan siap 
mental.
5. Jangan menunda-nunda. Sering kali karena 
menganggap ringan tugas, Anda lantas menunda waktu untuk mengerjakannya.
 Dua menit lagi, lima menit lagi, dan seterusnya, sampai akhirnya lupa 
untuk menuntaskan. Alhasil, ada banyak waktu yang terbuang percuma. 
Cobalah lakukan sekarang, di saat teringat dan sesuai jadwal.
6. Buat pengingat daftar di rumah. Jika ada daftar 
pekerjaan yang harus tuntas di kantor, kenapa tidak membuat pengingatnya
 saat Anda berada di rumah? Namun, hal ini sekadar sebagai pengingat, 
sekaligus membuat data tambahannya. Sekiranya dibutuhkan, Anda jadi 
tidak perlu susah mencari tahu atau kembali ke kantor.
7. Pintar bikin keputusan. Ada beberapa pekerjaan 
yang mungkin datangnya mendadak dan menuntut kecerdasan dalam membuat 
keputusan. Dengan bekerja lebih efisien, akan lebih mudah membuat 
keputusan, bahkan dalam waktu singkat.
8. Gunakan pengingat waktu. Dalam setiap jenis 
pekerjaan atau tugas, cobalah membuat pengingat waktu, kapan tugas 
tersebut bisa dituntaskan. Dengan begini ada konsentrasi yang lebih 
tercurah, dan Anda mencoba realistis tanpa menunda-nunda.
9. Ruang yang nyaman. Sebagian orang membutuhkan 
ruang nyaman untuk mengerjakan tugas yang dipunyai. Jadi, kenapa tidak 
menciptakannya sendiri? Buat diri senyaman mungkin sehingga bisa 
menuntaskannya dengan segera, dan selesai tepat waktu.
10. Uraikan detail. Jika banyaknya pekerjaan membuat
 Anda stres, cobalah urai satu per satu. Dengan menjadikannya detail dan
 tampak mudah, semua pekerjaan tidak tampak berat dan Anda lebih 
bersemangat menuntaskannya.

Post a Comment